Skip to main content

Tanaman Pembasmi Penyakit Batu Ginjal

Tanaman Pembasmi Penyakit Batu Ginjal


Selamat datang di Herbalkulifehealty.blogspot.com. Kali ini kami akan membahas mengenai obat - obatan yang berasal dari tanaman herbal untuk penyakit Batu Ginjal.


Tanaman Pembasmi Penyakit Batu Ginjal - Penyakit batu ginjal atau nefrolitiasis adalah kondisi ketika di dalam ginjal terbentuk dari limbah zat - zat dalam darah yang di saring ginjal, kemudian mengendap dan lama - kelamaan mengkristal.


Pengendapan biasanya terjadi karena Anda tidak mengkonsumsi air sesuai anjuran, sedang mengkonsumsi obat - obatan tertentu, atau memiliki kondisi medis yang bisa mempengaruhi kadar senyawa tertentu dalam urine. 






Berdasarkan jenisnya, batu ginjal di bagi menjadi empat : batu kalsium, batu asam urat, batu struvit dan batu sistin. Perbedaan jenis batu ginjal akan mempengaruhi tindakan pengobatan serta pencegahan.


Penyakit batu ginjal cukup umum terjadi pada orang - orang berusia 30 - 60 tahun, dan dapat di derita oleh pria maupun wanita. Namun, pria memiliki resiko yang lebih tinggi di bandingkan wanita. Dari penelitian yang pernah di lakukan hal tersebut di duga terkait dengan penyumbatan saluran kencing pria.


DIAGNOSIS




Dalam mendiagnosis batu ginjal, awalnya dokter akan mengumpulkan informasi mengenai gejala - gejala yang di alami pasien. Dokter juga akan menanyakan apakah ada anggota keluarga yang memiliki penyakit yang sama, pola maka sehari - hari dan apakah pasien sedang mengkonsumsi sesuatu yang bisa memicu terbentuknya batu ginjal.


Kemudian, dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan, di antaranya pemeriksaan laboratorium berupa tes urine dan tes darah. Selain itu juga ada beragam pemindaian seperti USG. Rontgen, dan Intravenous pyelogram ( IVP ).


Tes urine di butuhkan untuk memeriksa apakah sudah terjadi infeksi. Jika dalam sample urine ada serpihan batu ginjal, dokter akan menggunakannya untuk mengindentifikasi jenis batu ginjal yang di derita agar penangannya tepat.


Sedangkan tes darah di butuhkan untuk mengetahui apakah ginjal masih berfungsi normal atau tidak. serta untuk memeriksa kadar zat - zat tertentu yang berpotensi menyebabkan terbentuknya batu ginjal.


Setelah itu, dokter akan melakukan pemeriksaan melalui citra gambar yang akan membantu mengkonfirmasi diagnosis serta memastikan posisi batu ginjal secara akurat. Jenis pemeriksaan citra gambar yang mungkin di lakukan adalah CT Scan, X - ray, Ultrasound Scan, dan Intravenous Urogram ( IVU ) atau Intravenous pyelogram ( IVP ).


Sekarang ini CT Scan adalah opsi pemeriksaan utama dalam mendiagnosis penyakit batu ginjal karena hasilnya lebih akurat ketimbang metode pemeriksaan lainnya.


GEJALA


Biasanya jika ukuran batu ginjal sangat kecil, Anda tidak merasakan gejala apapum. Batu ginjal tersebut akan keluar secara alami melalui ureter ( saluran yang menghubungkan ginjal dengan kandung kemih )


Anda baru akan merasakan sesuatu jika ukuran batu lebih besar dari ureter. Pada saat akan buang air kecil, batu akan bergesekan dengan dinding ureter sehingga menyebabkan iritasi atau bahkan luka. Ini sebab nya pada urine terlihat darah. Batu juga bisa menyumbat ureter atau uretra ( saluran akhir pembuangan urine ke luar tubuh ) sehingga pengeluaran urine terhambat.


Gejala - gejala lainnya dari batu ginjal dapat meliputi :

1. Nyeri punggung bawah yang berkepanjangan, kadang terasa sampai selangkangan. Pada penderita pria, nyeri juga terasa pada testis dan skrotum.
2. Sakit perut bagian samping dengan durasi bervariasi, mulai dari hitungan menit sampai jam.
3. Gelisah
4. Tidak dapat berbaring dengan tenang karena sulit mencari posisi yang nyaman.
5. Mual
6. Lebih sering buang air dari biasanya
7. Sakit saat buang air kecil



Terdapat darah dalam urine yang di sebabkan oleh gesekan batu ginjal terhadap ginjal dan ureter. Saat batu ginjal menyumbat ureter akan terjadi penumpukan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi ginjal. Gejala infeksi ginjal mirip dengan gejala penyakit batu ginjal, tetapi biasanya penderita juga akan merasakan :

1. Demam Tinggi
2. Mengigil
3. Kelelahan
4. Diare
5. Warna urine keruh dan beraroma tidak sedap


PENGOBATAN


Pengobatan batu ginjal bergantung pada ukuran batu. Untuk ukuran batu kecil yang masih bisa melewati saluran kemih, dokter hanya akan menyarankan Anda untuk mengkonsumsi air putih sesuai anjuran. Harapan nya agar batu dapat keluar sendiri bersama dengan keluarnya air urine.


Apabila nyeri yang Anda rasa cukup menggangu, dokter akan memberikan obat pereda sakit, seperti ibuprofen atau obat antiradang non steroid. Untuk meringankan gejala mual dan muntah, dokter akan memberikan obat antiemetik.


Jika batu ginjal sudah berpindah lokasi dari ginjal ke ureter dan menimbulkan rasa sakit cukup parah, Anda akan di rujuk untuk melakukan perawatan di rumah sakit. Umumnya, hal tersebut dilakukan untuk pasien yang hanya memiliki satu ginjal, hamil, mengalami dehidrasi, atau yang berusia 60 tahun.


Ada pula obat - obatan yang berasal dari alam, berikut tanaman - tanaman yang bisa di gunakan untuk pengobatan batu ginjal adalah sebagai berikut :


1. Mengkudu

លទ្ធផល​រូបភាព​សម្រាប់ mengkudu


Buah mengkudu terkenal memiliki banyak khasiat untuk menyembuhkan beragam penyakit. Kandungan yang ada pada buah ini dapat mengobati tekanan darah, radang ginjal, peluruh kencing dan gula darah.


2. Daun Kemangi

លទ្ធផល​រូបភាព​សម្រាប់ daun kemangi


Daun kemangi dapat dijus dan dicampur dengan madu untuk mengobati batu ginjal. Menurut sumber kami jika ramuan ini diminum selama 6 bulan akan bisa mengobati batu ginjal.


3. Jus Lemon dengan Minyak Zaitun

លទ្ធផល​រូបភាព​សម្រាប់ jus lemon dan minyak zaitun


Memang agak aneh pencampuran antara jus lemon dan minyak zaitun. Tetapi kandungan yang ada di ramuan ini dipercaya dapat menghancurkan batu ginjal dengan cepat.


4. Daun Seledri

រូបភាពពាក់ព័ន្ធ


Zat yang terkandung dalam seledri dapat menghancurkan penghambat-penghambat ekskresi yang ada pada kandung kemih. Tanaman obat ini dapat dimakan langsung atau dijus.


5. Akar Dandelion

រូបភាពពាក់ព័ន្ធ

Akar dandelion dapat menggerogoti batu ginjal dan memecahnya menjadi partikel yang lebih kecil. Lalu artikel tersebut akan terbuang bersama urine melalui sistem ekskresi.


6. Daun Keji Beling

រូបភាពពាក់ព័ន្ធ


Daun keji beling adalah salah satu daun yang banyak kita temukan di masyarakat kita. Daun keji beling memiliki zat yang dapat menghancurkan mineral seperti kalium menjadi partikel yang lebih kecil. Tentu hal itu dapat membantu menghancurkan batu ginjal.


7. Daun Tempuyung

លទ្ធផល​រូបភាព​សម្រាប់ daun tempuyung


Berbeda dengan tanaman obat lainnya, daun tempuyung memang khusus digunakan untuk pengobatan batu ginjal. Daun ini memiliki kemampuan untuk melarutkan kalsium oksalat, kolesterol jahat, dan asam urat ginjal yang menjadi sebab terbentuknya batu ginjal. Mengkonsumsi daun tempuyung ini bisa dengan cara merebusnya hingga 15 menit, lalu meminum air rebusan tersebut.


8. Kacang Merah

រូបភាពពាក់ព័ន្ធ


Meskipun bukan tananman herbal (rempah-rempah), tetapi ternyata kacang merah dapat menyembuhkan batu ginjal. Kacang merah juga dapat menjaga kesehatan kandung kemih.


9. Delima

លទ្ធផល​រូបភាព​សម្រាប់ delima


Benih, daun, dan buah delima itu sendiri dapat berkontribusi dalam menghancurkan batu ginjal. Cara menggunakannya adalah dengan mengonsumsi jus delima setiap pagi selama seminggu dengan perut kosong.


10. Tapak Liman

លទ្ធផល​រូបភាព​សម្រាប់ tapak liman


Tanaman yang pahit dan pedas ini memiliki sifat astrigen. Tapak liman memiliki manfaat untuk mengobati batu ginjal. Selain batu ginjal tanaman obat ini juga berfungsi untuk meluruhkan kencing, meredakan demam, menghilangkan bengkak, anti radang, antibiotik dan penawar racun.


PENCEGAHAN


Penyakit batu ginjal memang memiliki kecenderungan berulang, tetapi pencegahannya sangat mudah. Anda harus memperhatikan dua hal berikut :


1. Komsumsi air sesuai kebutuhan tubuh. Jika Anda mengkonsumsi cukup air, warna urine akan terlihat cerah.


 2. Perhatikan pola makan. Jika batu ginjal Anda adalah jenis batu kalsium, maka hindari makanan yang mengandung banyak oksalat. Oksalat akan menghalangi penyerapan kalsium. Namun, konsultasikan dulu dengan dokter sebelum mengubah pola makan.


Demikian lah jenis tanaman - tanaman obat herbal yang bisa anda peroleh di alam sekitar kita. Jalani gaya hidup dan pola makan yang sehat, agar penyakit batu ginjal anda bisa sembuh dengan perlahan. Melalui pengobatan dan pencegahan segera atasi penyakit batu ginjal yang anda keluhkan dengan tanaman herbal yang telah di sediakan alam sekitar  kita.


Comments

Popular posts from this blog

Tanaman Pembasmi Penyakit Diabetes

Tanaman Pembasmi Penyakit Diabetes Selamat datang di Herbalkulifehealthy.blogspot.com . Kali ini kami akan membahas mengenai obat - obatan yang berasal dari tanaman herbal untuk penyakit Diabetes. Tanaman Pembasmi Penyakit Diabetes - Setiap saat di dalam tubuh manusia terjadi pengolahan berbagai macam zat kimia yang nantinya akan menghasilkan energi. Proses pengolahan zat kimia di dalam tubuh ini sering juga di sebut sebagai proses metabolisme. Diabetes merupakan penyakit yang terjadi akibat adanya gangguan metabolisme dalam tubuh manusia, yang mana penderita tidak sanggup mengatur kadar gula (glukosa) di dalam tubuhnya secara otomatis. Penyebab utama terjadinya gangguan metabolisme tersebut dikarenakan ketidakmampuan pankreas dalam menghasilkan insulin yang digunakan untuk mengatur tinggi-rendahnya kadar gula dalam tubuh. Banyak pakar kesehatan mengatakan bahwa tidak ada obat yang mampu menyembuhkan diabetes secara tuntas. Namun jangan khawatir, konon katanya ada berm

Tanaman Pembasmi Penyakit Liver

Tanaman Pembasmi Penyakit Liver Selamat datang di Herbalkulifehealty.blogspot.com . Kali ini kami akan membahas mengenai obat - obatan yang berasal dari tanaman herbal untuk penyakit Liver. Tanaman Pembasmi Penyakit Liver – Liver adalah salah satu bagian dalam tubuh yang sering disebut sebagai hati. Liver merupakan organ yang sering dilupakan perhatiannya dalam menjaga kesehatan. Liver memiliki fungsi yang berat dalam tubuh karena liver bertanggung jawab pada lebih dari 500 fungsi yang berbeda. Liver berfungsi untuk mengeluarkan racun dalam tubuh, menyimpan vitamin, mengkontrol kolesterol serta menjaga metabolisme lemak dan mengatur hormon. Maka dari itu, jika fungsinya terganggu maka dapat menyebabkan penyakit liver, hal tersebut berdampak pada tubuh yang akan mengalami kelemahan karena tubuh tidak lagi menyerap racun dengan baik. Penyakit liver terjadi karena adanya infeksi virus / bakteri yang ada pada hati yang menyebabkan hati ti

Tanaman Pembasmi Penyakit Jantung

Tanaman Pembasmi Penyakit Jantung Selamat datang di Herbalkulifehealthy.blogspot.com . Kali ini kami akan membahas mengenai obat - obatan yang berasal dari tanaman herbal untuk penyakit jantung. Tanaman Pembasmi Penyakit Jantung - Penyakit jantung / serangan jantung atau dalam istilah medis disebut penyakit jantung koroner ialah suatu kondisi yang terjadi saat pembuluh darah utama kita, yang biasa mensuplai darah ke jantung (pembuluh darah koroner) mengalami kerusakan. Timbunan kolesterol pada pembuluh darah dan proses peradangan menjadi penyebab umum penyakit ini. Ketika terjadi penimbunan kolesterol (plak), maka secara otomatis pembuluh darah koroner akan menyempit yang mengakibatkan aliran darah serta suplai oksigen menuju jantung terhambat. Kurangnya aliran darah ini lah yang akan mengakibatkan rasa nyeri pada dada ( angina ) dan disertai sesak napas, puncaknya ketika aliran darah menuju jantung terjadi hambatan secara total yang mengakibatkan terjadinya serang