Skip to main content

Tanaman Pembasmi Penyakit Sembelit

Tanaman Pembasmi Penyakit Sembelit



Selamat datang di Herbalkulifehealty.blogspot.com. Kali ini kami akan membahas mengenai obat - obatan yang berasal dari tanaman herbal untuk penyakit Sembelit.


Tanaman Pembasmi Penyakit Sembelit - Konstipasi atau sering di sebut Sembelit adalah kelainan pada sistem pencernaan di mana seorang manusia ( atau mungkin juga pada hewan ) mengalami pengerasan tinja yang berlebihan sehingga sulit untuk di buang atau di keluarkan dan dapat menyebabkan kesakitan yang hebat pada penderitanya. Konstipasi yang cukup hebat disebut juga dengan obstipasi. Dan obstipasi yang cukup parah dapat menyebabkan kanker usus yang berakibat fatal bagi penderitanya.

Related image


Gejala dan tanda akan berbeda antara seseorang dengan seseorang yang lain, karena pola makan, hormon, gaya hidup dan bentuk usus besar setiap orang berbeda - beda, teatpi biasanya gejala dan tanda yang umum di temukan pada sebagian besar atau kadang - kadang beberapa penderitanya adalah sebagai berikut :

  • Perut terasa begah, penuh, dan bahkan terasa kaku karena tumpukan tinja (jika tinja sudah tertumpuk sekitar 1 minggu atau lebih, perut penderita dapat terlihat seperti sedang hamil).

  • Tinja menjadi lebih keras, panas, berwarna lebih gelap, jumlahnya lebih sedikit daripada biasanya (kurang dari 30 gram), dan bahkan dapat berbentuk bulat-bulat kecil bila sudah parah.

  • Pada saat buang air besar tinja sulit dikeluarkan atau dibuang, kadang-kadang harus mengejan ataupun menekan-nekan perut terlebih dahulu supaya dapat mengeluarkan tinja (bahkan sampai mengalami ambeien dan berkeringat dingin).


  • Bagian anus terasa penuh, dan seperti terganjal sesuatu disertai sakit akibat bergesekan dengan tinja yang panas dan keras.

  • Frekuensi buang angin meningkat disertai bau yang lebih busuk daripada biasanya (bahkan terkadang penderita akan kesulitan atau sama sekali tidak bisa buang angin).

  • Menurunnya frekuensi buang air besar, dan meningkatnya waktu transit buang air besar (biasanya buang air besar menjadi 3 hari sekali atau lebih).

  • Terkadang mengalami mual bahkan muntah jika sudah parah.

  • Sakit punggung bila tinja yang tertumpuk cukup banyak.



Tapi tenanglah ini semua akan berlalu. Apa saja tanaman obat dan obat herbal yang bisa anda gunakan untuk sembelit ? Berikut ialah daftarnya yang diambil dari thealternativedaily.


1. BUAH LEMON

លទ្ធផល​រូបភាព​សម្រាប់ lemon


Tanaman obat tradisional susah buang air besar pertama ialah lemon, lebih tepatnya buah lemon.

Ini meningkatkan alkalinitas ( lemon benar-benar membuat tubuh Anda menjadi asam ) dan membantu membersihkan racun dalam tubuh serta membuat pencernaan kita sehat.

Air lemon juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melembabkan sistem getah bening dan bertindak sebagai diuretik alami.

Biasakan untuk meminum 1 atau 2 gelas air hangat setiap pagi dan Agar kebugaran tubuh Anda tetap terjaga. Jika Anda memiliki masalah dengan sakit kepala, lemon juga bisa di jadikan sebagai obat tradisional untuk penyakit vertigo yang menyiksa.

2. MINYAK KELAPA 

លទ្ធផល​រូបភាព​សម្រាប់ minyak kelapa


Salah satu tanaman obat atau obat herbal yang bisa anda gunakan ketika anda ingin menyembuhkan penyakit sembelit atau susah buang air besar anda ialah dengan menggunakan minyak kelapa.


Dikenal sebagai minyak yang berguna untuk sejumlah kondisi kesehatan, minyak kelapa organik juga dapat membantu mengurangi peradangan sembelit.


Minyak kelapa yang sangat banyak digunakan dalam berbagai merek kesehatan mulai dari hair conditioner hingga pasta gigi, bahkan bisa dicampur dengan kopi, digunakan sebagai salad atau bahkan dikonsumsi langsung.


Buah tropis ini tidak hanya mempercepat metabolisme, tapi juga memungkinkan mempercepat pemecahan makanan sekaligus membersihkan usus besar.


Ini menyeimbangkan ph perut dan memperbaiki nada otot usus, sehingga mendorong Anda untuk buang air besar secara teratur. Jika Anda baru mengonsumsi minyak kelapa, mulailah dengan satu sendok teh sehari kemudian tambah menjadi dua atau tiga per hari selama beberapa minggu.


Cara mendapatkannya: Minyak kelapa tersedia secara online, di toko makanan kesehatan dan bahkan beberapa toko grosir kelas atas. Pastikan untuk mendapatkan minyak kelapa murni organik untuk hasil terbaik.


Selain itu kelapa hijau muda biasa digunakan sebagai obat demam berdarah yang mujarab guys...



3. CALENDULA (CALENDULA OFFICINALIS)

លទ្ធផល​រូបភាព​សម្រាប់ CALENDULA


Tanaman obat tradisional susah buang air besar terakhir namun bukan yang paling akhir yang bisa anda pilih ialah calendula. Calendula ( Calendula officinalis ) sering disamakan dengan tanaman marigold biasa yang terlihat di kebun, namun keduanya adalah dua tanaman yang berbeda.


Tanaman ini telah digunakan secara medis sejak abad ke-12 dan mengandung komponen anti inflamasi yang kuat. Tanaman ini bisa digunakan untuk menyembuhkan luka ringan dan goresan karena sifat antiviral dan antibakterinya.


Tanaman obat ini juga memiliki kandugan antioksidan yang kuat dan memiliki konstituen spasmogenik dan spasmolitik, yang membantu kram perut dan konstipasi.


Untuk menghilangkan sembelit, tempelkan satu sendok teh daun kering yang telah direndam dengan air panas selama beberapa menit. Teh ini akan meringankan kram dan mendorong fases keluar sehingga pencernaan sehat.


4. DAUN WUNGU ( GRAPTOPHYLLUM PICTUM ( L ). GRIFF )

លទ្ធផល​រូបភាព​សម្រាប់ daun wungu


Daun wungu ( atau dalam banyak literatur lain menyebutnya dengan daun ungu ) memiliki kandungan alkaloid non toksik, glikosod, steroid, saponin, tanin dan lendir.


Saponin inilah yang dipercaya memiliki efek sebagai pencahar ringan ( mild laxative ).


Cara membuat ramuan dari tanaman obat tradisional ini adalah:


Siapkan daun wungu segar sebanyak 7 lembar, rebus dengan air sebanyak 2 gelas tunggu hingga mendidih dan jadi 1 gelas.


Saring obat tradisional tersebut untuk memisahkan ampas dan sarinya kemudian minum.


5. KEJIBELING ( STROBILANTHES CRISPUS BL )

រូបភាពពាក់ព័ន្ធ


Kejibeling adalah salah satu tanaman obat tradisional  untuk sembelit karena didalamnya mengandung berbagai bahan kimia seperti kalium, asam silikat, natrium, kalsium, serta beberapa senyawa lain.


Selain itu, kejibeling memiliki efek pencahar dan diuretik, sehingga sangat baik jika digunakan sebagai obat sembelit alami.


Cara membuat ramuan herbal sembelit: cuci bersih setengah genggam daun kejibeling segar. Kemudian rebus dengan 2 gelas air sampai menyisakan 1 gelas. Saring dan minum setelah dingin.


6. MINYAK ZAITUN ( OLIVE OIL )

រូបភាពពាក់ព័ន្ធ


Konstipasi alias sembelit juga bisa diatasi dengan cara mengkonsumsi minyak zaitun. Selain biasa dijadikan alat kecantikan dan obat alami batu ginjal minyak zaitun juga biasa digunaka untuk luka ringan.


Cara membuat ramuan herbal ini sangat mudah
Siapkan 1 sdm Minyak zaitun kemudian campurkan dengan 1 teh jus lemon ( ini opsional ) agar terasa lebih segar.


Konsumsi obat tradisional ini pada pagi hari, dan pastikan mengkonsumsinya dilakukan saat perut dalam keadaan kososng dan belum sarapan.


7. KETEPENG CINA ( CASSIA ALATA L. )

រូបភាពពាក់ព័ន្ធ


Daun ketepeng cina merupakan salah satu alternatif yang bisa Anda gunakan untuk menyembuhkan sembelit Anda secara alami.


Di dalamnya mengandung zat samak serta bersifat sebagai laksatif. Disamping itu, tanaman obat ini juga mempunyai cita rasa pedas, hangat, insektisidal. Hal tersebut membuatnya cocok dijadikan obat cacing alami, serta obat tradisional untuk kelainan kulit yang disebabkan oleh parasit kulit. Efek farmakologi bisa kita rasakan terutama dibagian daunnya.


Cara membuat ramuan herbal untuk sembelit :

Siapkan 7 Lembar Daun ketepeng cina muda yang masih dalam kondisi segar dan pastikan daun nya masih muda.


Setelah di cuci bersih, selanjutnya di didihkan dengan dua gelas air hingga tersisa satu gelas.
Terakhir angkat, saring, dan minum.


8. LIDAH BUAYA ( ALOE VERA )

លទ្ធផល​រូបភាព​សម្រាប់ lidah buaya


Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut dan mengobati maag secara alami serta menyembuhkan luka, lidah buaya juga bisa kita manfaatkan sebagai pencahar.


Getah daun lidah buaya merupakan salah satu bahan alami yang bisa kita jadikan sebagai pembersih cukup kuat.


Namun, kandungan pencahar yang cukup kuat pada lidah buaya, anthraquinone, terkadang bisa mengakibatkan diare dan kram usus.


Sehingga dalam pengunaanya harus sangat hati-hati. Ada baiknya melakukan konsultasi dengan ahli herbal atau naturopati.


Disamping itu, lidah buaya juga kaya akan kandungan kimia seperti aloin, barbaloin, isobarbaloin, aloe-emodin, dan aloesin.


Cara menyembuhkan sembelit secara alami dengan lidah buaya:

Siapkan separuh batang lidah buaya cuci hingga bersih.
Kemudian buang kulitnya.
Cincang bagian Isinya, kemudian seduh dengan setengah cangkir air panas.
Tambahkan satu sendok makan madu sebagai pemanis alami.


Konsumsi ramuan ini selagi hangat sebanyak 2 kali sehari.


Catatan: Ramuan tersebut tidak diperuntukkan bagi wanita hamil, haid, dan penderita diare.

Demikian lah jenis tanaman - tanaman obat herbal yang bisa anda peroleh di alam sekitar kita. Jalani gaya hidup dan pola makan yang sehat, agar penyakit sembelit anda bisa sembuh dengan perlahan. Melalui pengobatan dan pencegahan segera atasi penyakit sembelit yang anda keluhkan dengan tanaman herbal yang telah di sediakan alam sekitar  kita.

Comments

Popular posts from this blog

Tanaman Pembasmi Penyakit Diabetes

Tanaman Pembasmi Penyakit Diabetes Selamat datang di Herbalkulifehealthy.blogspot.com . Kali ini kami akan membahas mengenai obat - obatan yang berasal dari tanaman herbal untuk penyakit Diabetes. Tanaman Pembasmi Penyakit Diabetes - Setiap saat di dalam tubuh manusia terjadi pengolahan berbagai macam zat kimia yang nantinya akan menghasilkan energi. Proses pengolahan zat kimia di dalam tubuh ini sering juga di sebut sebagai proses metabolisme. Diabetes merupakan penyakit yang terjadi akibat adanya gangguan metabolisme dalam tubuh manusia, yang mana penderita tidak sanggup mengatur kadar gula (glukosa) di dalam tubuhnya secara otomatis. Penyebab utama terjadinya gangguan metabolisme tersebut dikarenakan ketidakmampuan pankreas dalam menghasilkan insulin yang digunakan untuk mengatur tinggi-rendahnya kadar gula dalam tubuh. Banyak pakar kesehatan mengatakan bahwa tidak ada obat yang mampu menyembuhkan diabetes secara tuntas. Namun jangan khawatir, konon katanya ada berm

Tanaman Pembasmi Penyakit Liver

Tanaman Pembasmi Penyakit Liver Selamat datang di Herbalkulifehealty.blogspot.com . Kali ini kami akan membahas mengenai obat - obatan yang berasal dari tanaman herbal untuk penyakit Liver. Tanaman Pembasmi Penyakit Liver – Liver adalah salah satu bagian dalam tubuh yang sering disebut sebagai hati. Liver merupakan organ yang sering dilupakan perhatiannya dalam menjaga kesehatan. Liver memiliki fungsi yang berat dalam tubuh karena liver bertanggung jawab pada lebih dari 500 fungsi yang berbeda. Liver berfungsi untuk mengeluarkan racun dalam tubuh, menyimpan vitamin, mengkontrol kolesterol serta menjaga metabolisme lemak dan mengatur hormon. Maka dari itu, jika fungsinya terganggu maka dapat menyebabkan penyakit liver, hal tersebut berdampak pada tubuh yang akan mengalami kelemahan karena tubuh tidak lagi menyerap racun dengan baik. Penyakit liver terjadi karena adanya infeksi virus / bakteri yang ada pada hati yang menyebabkan hati ti

Tanaman Pembasmi Penyakit Jantung

Tanaman Pembasmi Penyakit Jantung Selamat datang di Herbalkulifehealthy.blogspot.com . Kali ini kami akan membahas mengenai obat - obatan yang berasal dari tanaman herbal untuk penyakit jantung. Tanaman Pembasmi Penyakit Jantung - Penyakit jantung / serangan jantung atau dalam istilah medis disebut penyakit jantung koroner ialah suatu kondisi yang terjadi saat pembuluh darah utama kita, yang biasa mensuplai darah ke jantung (pembuluh darah koroner) mengalami kerusakan. Timbunan kolesterol pada pembuluh darah dan proses peradangan menjadi penyebab umum penyakit ini. Ketika terjadi penimbunan kolesterol (plak), maka secara otomatis pembuluh darah koroner akan menyempit yang mengakibatkan aliran darah serta suplai oksigen menuju jantung terhambat. Kurangnya aliran darah ini lah yang akan mengakibatkan rasa nyeri pada dada ( angina ) dan disertai sesak napas, puncaknya ketika aliran darah menuju jantung terjadi hambatan secara total yang mengakibatkan terjadinya serang