Skip to main content

Tanaman Pembasmi Penyakit Diabetes

Tanaman Pembasmi Penyakit Diabetes


Selamat datang di Herbalkulifehealthy.blogspot.com. Kali ini kami akan membahas mengenai obat - obatan yang berasal dari tanaman herbal untuk penyakit Diabetes.


Tanaman Pembasmi Penyakit Diabetes - Setiap saat di dalam tubuh manusia terjadi pengolahan berbagai macam zat kimia yang nantinya akan menghasilkan energi. Proses pengolahan zat kimia di dalam tubuh ini sering juga di sebut sebagai proses metabolisme. Diabetes merupakan penyakit yang terjadi akibat adanya gangguan metabolisme dalam tubuh manusia, yang mana penderita tidak sanggup mengatur kadar gula (glukosa) di dalam tubuhnya secara otomatis. Penyebab utama terjadinya gangguan metabolisme tersebut dikarenakan ketidakmampuan pankreas dalam menghasilkan insulin yang digunakan untuk mengatur tinggi-rendahnya kadar gula dalam tubuh.


Banyak pakar kesehatan mengatakan bahwa tidak ada obat yang mampu menyembuhkan diabetes secara tuntas. Namun jangan khawatir, konon katanya ada bermacam-macam tanaman obat yang memiliki khasiat ampuh, yang mana jika dikonsumsi mampu mengurangi gejala diabetes.


Apa saja tanaman penurun gula darah tersebut? Berikut ini berbagai jenis tanaman herbal untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.


1. Lidah Buaya

រូបភាពពាក់ព័ន្ធ


  Lidah buaya memiliki manfaat sebagai ramuan herbal untuk mengatasi penyakit wasir, sebagai penghilang noda bekas jerawat, bisa juga dimanfaatkan sebagai bahan makanan (campuran es dan makanan lainnya), dan ternyata manfaat lidah buaya tidak berhenti sampai di situ. Lidah buaya juga sangat efektif untuk menurunkan gula darah atau penyembuhannya. Dan fungsi utamanya adalah sebagai Antiradang atau Pencahar

Cara Penggunaan

1 lembar lidah buaya dicuci bersih, buang durinya kemudian dipotong-potong. Rebus lidah buaya dengan tiga gelas air sampai menjadi satu setengah gelas. Minum 3 × 1,5 gelas setiap habis makan.


2. Biji Alpukat

លទ្ធផល​រូបភាព​សម្រាប់ biji alpukat


          Alpukat memiliki unsur asam lemak tak jenuh sebagaimana juga pada buah zaitun, dan minyak zaitun. Dan Alpukat terbukti mampu menurunkan risiko sindrom metabolik, termasuk diabetes karena kandungan asam lemaknya. Asam lemak tak jenuh merupakan komponen penting dari mengelola kadar gula darah.


Cara membuat minuman sari biji alpukat sbb :
– Biji buah alpukat secukupnya (1 buah saja)
– 2 gelas air
– Ambil biji alpukat dan panggang di atas ap kurang lrbih 5 menit lalu biji alpukat menjadi tidak keras, Setelah itu potong kecil-kecil
– Kemudian rebus sampai airnya menjadi berwarna coklat
– Setelah dingin, saring dan minum
– Lakukan secara rutin sampai kesembuhan mulai dirasakan


3. Daun Yakon

លទ្ធផល​រូបភាព​សម្រាប់ daun yakon


Menurut Dr. Sri Widowati (peneliti Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian Bogor), Daun Yakon mengandung, bahkan kaya dengan insulin yang tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan tetapi dapat difermentasi oleh usus besar.


Pakar penelitian Yakon, Michael Hermann dari Research Project Leader of the Andean Roots and Tubers, mengungkapkan Yakon sendiri kandungan fruktosanya 35% free dan 25% terikat. Sehingga karbohidrat tetap didapat meskipun konsentrasi gula darah rendah. Keadaan inilah yang mencegah penderita diabetes dari hiperglikemia (over-aktivitas) dan karenanya dengan konsumsi Yakon tak mungkin meningkatkan kadar gula dalam darah.


Daun yakon terkenal juga sebagai daun insulin (seperti halnya daun paitan), tapi seringkali disamakan dengan daun paitan, padahal keduanya berbeda.
Tanaman yakon memiliki umbi, air rebusan daun yakon tidak terlalu pahit seperti pahitan, tapi kedua-duanya disebut daun insulin karena bekerja cepat untuk menurunkan kadar gula darah.


Kami membantu menyediakan daun yakon karena tanaman ini masih jarang ditemukan di Indonesia. Daun pahitan yang juga disebut daun insulin banyak di Indonesia, dan seringkali dianggap daun yakon, padahal berbeda.


Mana yang lebih cepat? Kapsul sangat baik karena mengandung kombinasi sambiloto yang bersinergi dengan daun yakon dalam menurunkan kadar gula, selanjutnya bisa mengkonsumsi daun bubuk nya saja. Teh Insulin Plus sangat baik jika penderita saat ini punya gula + luka basah yang tidak kunjung kering, untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan melindungi tubuhnya dari infeksi.
Daun yakon bubuk nya bisa untuk terapi rutin setiap hari 2 x 1 sendok teh sehari.


4. Teh Hijau

លទ្ធផល​រូបភាព​សម្រាប់ teh hijau

Teh Hijau adalah bahan dasar minuman yang telah dikenal manfaatnya untuk merawat kecantikan, dan bukan hanya itu, ternyata teh hijau juga memiliki manfaat lain yang tidak kalah luar biasanya, yiatu dapat menurunkan kadar gula darah atau sebagai penyembuh penyakit diabetes mellitus.


Polifenol di dalam teh meningkatkan sensitivitas sel terhadap insulin. Efek teh hijau terhadap insulin ini pernah diteliti oleh Hiroshi Tsuneki dkk dan diterbitkan dalam jurnal BMC Pharmacology tahun 2004.Sehingga dengan mengkonsumsi teh hijau secara rutin, maka kadar gula yang tinggi dalam tubuh akan mulai stabil, karena kandungan dalam teh hijau tersebut mampu memperbaiki fungsi pankreas untuk dapat memproduksi insulin guna menstabilkan gula darah yang berlebihan tersebut.


5. Air Tebu


រូបភាពពាក់ព័ន្ធ


       Air perasan tebu memiliki efek anti diabetic. “Bila diminum ia mampu mengatasi diabetes”. Air tebu mengandung sakaran, senyawa anti diabetik.
Sayangnya dalam pengolahan menjadi gula pasir, senyawa itu hilang saat proses pemanasan. Yang bertahan justru sakarosa, senyawa pencetus diabetes.
Menurut subianto (2011) manfaat air tebu yang dikutipnya dari Majalah TRUBUS 422, JANUARI 2005.

Resep air tebu untuk mengobati diabetes:
         Belum kami temukan resep nya secara ilmiah. Biasanya digunakan masyarakat secara pribadi tanpa resep tertentu.


6. Kayu Manis

លទ្ធផល​រូបភាព​សម្រាប់ kayu manis

Kayu manis memiliki manfaat yang signifikan bagi orang-orang dengan diabetes tipe 2 untuk membantu tubuh mereka merespon insulin, sehingga menormalkan kadar gula darah. Senyawa tertentu dalam kayu manis merangsang reseptor insulin dan menghambat enzim yang menginaktivasi mereka, meningkatkan kemampuan sel untuk menggunakan glukosa. Secara teratur mengkonsumsi kurang dari satu-setengah sendok teh per hari menurunkan kadar gula darah pada individu dengan diabetes tipe 2. Sangat mudah untuk memasukkan ke dalam asupan harian. Cukup taburkan pada oatmeal atau sereal, atau tambahkan sejumput kecil untuk teh atau kopi.


7. Bawang Merah

លទ្ធផល​រូបភាព​សម្រាប់ bawang merah


Apakah bawang merah bisa digunakan untuk mengobati penyakit kencing manis?

Bawang mengandung quercetin, zat yang membantu mengurangi gula darah. Bawang juga bekerja memperkuat kapiler tipis. Dengan demikian, ia mencegah retinopati yang menyertai diabetes pada stadium akhir.

Bawang juga mengandung glukonin yang memiliki kemampuan sama dengan insulin dalam mengatur penyimpanan gula dalam tubuh dan penggunaannya. Bawang dapat dimasak hingga menjadi seperti gel, kemudian saring dan makanlah sup tersebut. Selain itu, dapat juga menggunakan minyak bawang, dengan menambahkan sedikit minyak bawang pada minuman kelabat. Minumlah di pagi hari, pada saat perut kosong.


8. VCO ( Virgin Coconut Oil )


រូបភាពពាក់ព័ន្ធ

Beberapa penelitian telah mengungkap bahwa konsumsi minyak kelapa murni (VCO, bukan minyak kelapa biasa/minyak goreng) dapat membantu pengobatan diabetes mellitus.
Hal ini disebabkan VCO mengandung asam lemak jenuh rantai sedang (medium chain fatty acids atau MCFA) yang tinggi, terutama asam laurat dengan kandungan antara 43—53% dari total asam lemak. Keberadaan MCFA ini memiliki peran ganda, yaitu dapat menginduksi sekresi insulin dan memperbaiki fungsi insulin.

Proses ekstraksi VCO sedikit berbeda dengan minyak goreng yang biasa kita gunakan sehari-hari, karena minyak VCO diekstraksi dari santan kelapa yang segar dan melewati beberapa tahap, yaitu proses fermentasi, churning (pemisahan secara sentrifugal), pendinginan, dan pemberian aksi enzim untuk menghasilkan pemisahan minyak dari air atau pelembap.


9. Pare

រូបភាពពាក់ព័ន្ធ

Pare adalah salah satu jenis sayuran yang memiliki rasa yang khas, ya rasa pahit adalah salah satu sifat yang dimiliki pare. Selain digunakan sebagai bahan-bahan masakan, pare ternyata memiliki manfaat untuk menurunkan kadar gula darah. Fakta ilmiahnya, pare memiliki kandungan zat yang berperan aktif sebagai penurun gula darah dalam tubuh, diantaranya adalah sebagai Antiradang, sifatnya dingin. Charantin dan polypeptide-P di dalam pare merangsang sel beta pankreas untuk mengeluarkan insulin.

Cara Penggunaan :

        Ambil 200 gram buah pare segar. Potong-potong lalu buah tersebut bisa dijus atau direbus. Kemudian airnya diminum.


10. Mengkudu

លទ្ធផល​រូបភាព​សម្រាប់ mengkudu


         Mengkudu, mungkin anda masih ingat, bahwa buah mengkudu adalah salah satu alternatif untuk menyembuhkan penyakit darah tinggi atau hipertensi, dan ternyata bukan hanya itu. Mengkudu adalah buah yang termasuk ke dalam salah satu jenis tanaman herbal untuk menurunkan gula darah. Karena mengkudu dapat memperbaiki sel beta pankreas dan reseptor insulin yang tidak berfungsi dengan baik

Cara Penggunaan
         Ambil dua buah mengkudu masak. Parut dan tambahkan sedikit air kapur. Aduk sampai merata. Peras dengan sepotong kain lalu diminum.


Selain dengan menggunakan ramuan herbal yang telah disebutkan di atas sebagai penyembuh diabetes mellitus atau penurun kadar gula darah, ada juga beberapa metode penyembuhan secara tradisional dari bahan alami, ekstrak teripang laut.


Demikian lah jenis tanaman - tanaman obat herbal yang bisa anda peroleh di alam sekitar kita. Jalani gaya hidup dan pola makan yang sehat, agar penyakit gula darah bisa diatasi dengan cepat. Segera atasi penyakit gula darah yang anda keluhkan dengan tanaman herbal untuk menurunkan gula darah yang telah disediakan alam sekitar kita.


Comments

Popular posts from this blog

Tanaman Pembasmi Penyakit Liver

Tanaman Pembasmi Penyakit Liver Selamat datang di Herbalkulifehealty.blogspot.com . Kali ini kami akan membahas mengenai obat - obatan yang berasal dari tanaman herbal untuk penyakit Liver. Tanaman Pembasmi Penyakit Liver – Liver adalah salah satu bagian dalam tubuh yang sering disebut sebagai hati. Liver merupakan organ yang sering dilupakan perhatiannya dalam menjaga kesehatan. Liver memiliki fungsi yang berat dalam tubuh karena liver bertanggung jawab pada lebih dari 500 fungsi yang berbeda. Liver berfungsi untuk mengeluarkan racun dalam tubuh, menyimpan vitamin, mengkontrol kolesterol serta menjaga metabolisme lemak dan mengatur hormon. Maka dari itu, jika fungsinya terganggu maka dapat menyebabkan penyakit liver, hal tersebut berdampak pada tubuh yang akan mengalami kelemahan karena tubuh tidak lagi menyerap racun dengan baik. Penyakit liver terjadi karena adanya infeksi virus / bakteri yang ada pada hati yang menyebabkan hati ti

Tanaman Pembasmi Penyakit Jantung

Tanaman Pembasmi Penyakit Jantung Selamat datang di Herbalkulifehealthy.blogspot.com . Kali ini kami akan membahas mengenai obat - obatan yang berasal dari tanaman herbal untuk penyakit jantung. Tanaman Pembasmi Penyakit Jantung - Penyakit jantung / serangan jantung atau dalam istilah medis disebut penyakit jantung koroner ialah suatu kondisi yang terjadi saat pembuluh darah utama kita, yang biasa mensuplai darah ke jantung (pembuluh darah koroner) mengalami kerusakan. Timbunan kolesterol pada pembuluh darah dan proses peradangan menjadi penyebab umum penyakit ini. Ketika terjadi penimbunan kolesterol (plak), maka secara otomatis pembuluh darah koroner akan menyempit yang mengakibatkan aliran darah serta suplai oksigen menuju jantung terhambat. Kurangnya aliran darah ini lah yang akan mengakibatkan rasa nyeri pada dada ( angina ) dan disertai sesak napas, puncaknya ketika aliran darah menuju jantung terjadi hambatan secara total yang mengakibatkan terjadinya serang